Kendala Yang Menghambat Pembangunan Infrastruktur Di Indonesia

Pemerintah kini memang sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur di Indonesia guna mendorong laju sistem perekonomian. Namun sayangnya ditengah-tengan proses pembangunan, masih saja banyak hambatan yang hingga saat ini sulit untuk dipecahkan. Akibatnya ada banyak sekali proyek bahkan mega proyek yang hingga saat ini mangkrak tanpa ada kejelasan pasti. Memang dalam hal ini peran pemerintah sangat diperlukan guna mensukseskan program-program yang sedang dicanangkan. Nah pada kesempatan ini akan saya jelaskan mengenai kendala yang selama ini menghambat pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Kendala yang pertama adalah mengenai masalah pembebasan lahan. Seperti yang kita ketahui bila ada banyak proyek dari pemerintah yang berdiri diatas tanah milik warga. Sedangkan pemerintah kesulitan didalam mengalihkan rumah warga ke tempat lain. Pada akhirnya terjadilah sebuah sengketa alot yang berujung mangkraknya sebuah proyek pemerintah.

Kendala yang ke dua adalah tidak sesuainya perhitungan dari pemerintah dengan implementasi aslinya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, mulai dari kesalahan staf pembantu pemerintahan didalam menghitung besaran pembangunan hingga banyaknya mafia yang berani menghilangkan aset bangsa.

Kendala yang ke tiga adalah terbatasnya tingkat SDM yang dimiliki oleh Indonesia. Hal ini mungkin menjadi masalah klasik, akhirnya pemerintah lebih memilih tenaga kerja asing yang dianggap memiliki kompetensi bidang lebih unggul dari segi pengalaman. Oleh karenanya tingkat pengangguran juga semakin meningkat karena masalah tersebut.

Kendala yang ke empat adalah masalah pendanaan. Seringkali terdengar masalah ini menggeliat dipermukaan. Belum maksimalnya peran pemerintah menjadi faktor utama permasalahan ini terjadi. Nah untuk itu kita sebagai warga Indonesia yang cinta terhadap tanah air, maka tak ada salahnya jika kita membantu pemerintah untuk mengajak investor asing menanamkan modalnya di BKPM Indonesia.

Kendala yang ke lima adalah masalah kebijakan yang tumpang tindih antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Kebijakan yang tumpang tindih seperti inilah yang menjadi pembangunan infrastruktur di Indonesia terkendala. Untuk itulah perlu kebijakan khusus guna mengatur antara ke dua belah pihak menjadi bersatu demi pembangunan infrastruktur lebih maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *