Tips Mudah Merawat Kamera Polaroid

Tips Mudah Merawat Kamera Polaroid

Memiliki kamera polaroid sendiri menjadi hal yang menyenangkan bagi anda penggemar dunia fotografi. Berbagai kemudahan dari kamera ini dapat anda nikmati, seperti hasil yang bisa langsung jadi tanpa harus melewati proses editing dan printing menggunakan media lain seperti komputer dan printer. Di pasaran, harga kamera polaroid sangat beragam. Terutama dari produk Fujifilm yang menawarkan berbagai produk yang dibanderol mulai harga Rp. 700 ribuan hingga Rp. 3 jutaan. Agar kamera yang anda miliki bisa bertahan lama dan untuk terhindar dari hal yang dapat merusak, berikut ini ada beberapa tips merawat kamera polaroid.

Pertama, perhatikan tempat penyimpanan. Ketika tidak digunakan, simpan kamera di tempat sejuk, tidak terlalu panas dan tidak terlalu lembab di rumah anda, dan pastikan tempat tersebut bebas debu. Tersedia juga lemari khusus untuk menyimpan kamera meskipun saat ini harganya masih agak mahal. Sebagai penggantinya, anda bisa membuat sendiri lemari dari kaca atau kayu yang lebih murah, terangi lemari anda dengan lampu 5 watt di bagian dalamnya lalu atur jarak antara lampu dan kamera sekitar 40 cm untuk menjaga suhu di dalam lemari tetap sejuk. Sempan beberapa silica gel untuk menghindari jamur.

Kedua, cara penyimpanan. Dalam menyimpan, untuk menghindari kerusakan maka anda harus menyimpannya dengan posisi yang benar, bersihkan kamera polaroid anda sebelum disimpan. Jika kamera tidak akan anda gunakan dalam waktu lama maka keluarkan terlebih dahulu baterai dari kamera untuk menghindari over charger. Apabila anda akan menggunakan kamera tersebut gunakan tas khusus tempat kamera atau tas lain yang memiliki lapisan lembut dan tebal, dengan ukuran yang pas dengan kamera anda agar tidak mengalami goncangan.

Ketiga, hindarkan dari sinar matahari langsung. Hal ini dikarenakan panas dari sinar matahari langsung secara berlebihan dapat merusak bagian-bagian pada kamera anda yang terbuat dari bahan plastik dan karet, serta berbagai komponen lain di dalamnya.

Keempat, selalu bersihkan kamera setelah digunakan. Untuk menghindari masuknya debu ke bagian dalam, maka anda harus selalu membersihkan kamera setiap selesai digunakan atau minimal seminggu sekali jika tidak digunakan. Gunakan lap halus yang biasa digunakan untuk mengelap kacamata untuk membersihkan body dan bagian luar lensa. Gunakan tisu basah khusus untuk membersihkan lensa. Untuk menyingkirkan debunya anda bisa menggunakan kuas kecil halus atau kuas rias, bagian dalam kamera bisa dibersihkan dengan blower khusus kamera. Bagi anda yang ingin membeli lagi kamera polaroid ini, anda bisa mengecek harga kamera polaroid di situs jual beli online blibli.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *