Acer Iconia Tab A1-713

Acer Iconia Tab A1-731

Selain menggelontor pasar dengan smartphone keren berbandrol murah, vendor raksasa asal Taiwan ini juga masih rajin meluncurkan berbagai macam tablet Seri A dari Iconia Tab milik Acer memang ditujukan untuk kelas menengah. Mengusung layar 7 inci, tablet ini tampil dengan unibody meski terdapat bagian yang bisa dilepas-pasang untuk memasang kartu SIM dan microSD.

Desain

Dari sisi desain, tampilan fisik Acer Iconia Tab A1-713 ini tidak berbeda jauh dengan desain kebanyakan tablet 7 inci. Warna yang diusung juga tidak berbeda, hitam di depan dan perak di belakang. Namun seperti smartphone Liquid Z4 , tablet ini juga memiliki dua karakter “kelas” yang berbeda berdasarkan lokasinya. Sisi depan hadir dengan bezel atau bingkai tepi layar yang cukup tebal, terutama di sisi atas dan bawahnya. Tampilan ini membuatnya terkesan biasa saja, meski tak sampai terlihat murahan. Namun bagian belakangnya terasa lebih mewah dengan warna perak plus logo Acer di bagian tengahnya.

Ace Iconia Tab A1-713
Ace Iconia Tab A1-713

Dengan konsep unibody tersebut, Acer terpaksa meletakkan slot kartu SIM dan memori di sisi atas dengan penampang yang membutuhkan sedikit perjuangan ekstra saat Anda hendak membuka dan menutupnya. Di bagian bawah, terpisah dari bagian tengahnya, terdapat tiga baris lubang speaker. Penempatan corong suara di bodi belakang biasanya membuatnya lebih optimal saat diletakkan secara terbalik ketika tablet sedang memutar lagu di atas meja. Secara keseluruhan, desain Iconia Tab A1-713 cukup untuk menemani berbagai aktivitas harian Anda. Bobotnya juga tidak membuat tangan cepat lelah, tidak cepat panas, serta cukup nyaman dipegang menggunakan satu tangan.

Fitur & Performa

Berbekal Android Jelly Bean, fitur dan tampilan antarmuka Iconia Tab A1-713 tergolong standar. Namun tentu saja Acer tetap menyuntikkan beberapa aplikasi khusus seperti yang dapat ditemukan di smartphone maupun tablet mereka. Sebut saja Acer Cloud sebagai “kavling” penyimpanan Anda di awan (internet), Acer Cloud Music dan Acer UEIP (User Experience Improvement Program) untuk meningkatkan kenyamanan pengguna. Namun sejujurnya, beberapa aplikasi di Play Store yang sejenis, memiliki fungsionalitas lebih baik dibandingkan aplikasi bawaan ini.

Tablet ini mengusung layar TFT 7 inci dengan resolusi 1024×600 pixel yang cukup standar untuk ukuran tablet. Saat dicoba untuk menampilkan berbagai konten seperti video, foto, dan teks, semua terlihat cukup jelas dengan ketajaman yang cukup. Setidaknya layar Iconia Tab A1-713 masih bisa dilihat dengan cukup jelas saat berada di luar ruangan di siang hari. Tampilan antarmukanya juga standar dan kurang dinamis. Seperti tablet lainnya, tablet ini memilih penggunaan tombol Kembali/Beranda/Opsi virtual, bukan tombol fisik.

Mari kita beralih ke sektor imaji. Acer telah membenamkan kamera 2 megapixel dengan resolusi maksimum 1600 x 1200 piksel di bagian belakang, dengan mampu merekam video VGA saja. Sudah ada kamera depan, namun resolusinya juga cukup “mengganggu”, yakni VGA alias 640 x 480 piksel. Lampu kilat juga absen pada seri ini. Walaupun kualitas videonya biasa-biasa, Acer telah menanamkan opsi Time Lapse Interval yang bisa Anda pergunakan untuk merekam proses yang panjang ke dalam video berdurasi pendek dengan pilihan interval waktu 1, 1.5, 2, 2.5, 3, 5 dan 10 detik. Hasil foto dan videonya sendiri cukup oke, walaupun hanya dalam kondisi cahaya yang ideal.

Prosesor quad-core berkecepatan 1.3 GHz sebagai dapur pacu Iconia Tab A1-713 tergolong tangkas dalam memutar file video beresolusi HD maupun Full HD. Saat mencoba memainkan beberapa game yang kasual, kami tidak menemukan kendala berarti. Game dapat dijalankan dengan lancar. Untuk memutar lagu, Anda bisa menggunakan Acer Cloud Music. Layanan ini memberi kemudahan bagi Anda agar bisa menyimpan file musik Anda di internet, via Play Music maupun aplikasi lain yang dapat dipasang dari Play Store. Keluaran suaranya masih kurang dinamika. Tidak mengejar kekuatan suara (big sound) sebenarnya merupakan kabar baik, namun suara yang memancar terasa tidak “bulat”. Lebih baik menggunakan headphone jika Anda ingin mendengarkan musik secara pribadi.

Untuk benchmark, AnTuTu X memberikan komentar “Good job” berkat hasil 16009 yang diraihnya. Jika pada chart AnTuTu X tablet ini berada di posisi paling bawah, tidak demikian dengan Quadrant yang menempatkannya di posisi teratas dengan poin 5801. Poin tersebut berada di atas HTC One X dan ASUS Transformer Prime. Terakhir, tes kemampuan dalam berselancar di dunia maya menggunakan Vellamo mencatatkan angka 1939 untuk HTML 5 serta 477 untuk Metal.

Kesimpulan

Acer Iconia Tab A1-713 merupakan tablet yang cukup menarik dari segi performa. Sayangnya, Acer Indonesia memasarkannya di tanah air dengan banderol harga Rp. 2,1 juta. Dengan persaingan yang semakin ketat, harganya ini masih di atas produk merek global lain dengan spesifikasi serupa. Namun jika Anda menginginkan tablet dengan performa baik dan merek terpercaya, yang juga bisa dipakai untuk menelpon, Acer Iconia Tab A1-713 layak dipertimbangkan untuk dipinang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *