Review Samsung Galaxy Note 10.1

samsung galaxy note

Berbagai gadget keren dan canggih diluncurkan Samsung sepanjang tahun 2013 ini, tapi satu gadget yang cukup menyita perhatian yakni Samsung Galaxy Note 10.1 2014 Edition. Bukan hanya karena gadget ini adalah perbaikan dari tablet dengan penamaan serupa, melainkan karena embel-embel 2014 Edition yang menjadikannya terasa lebih futuristik. Adapun review Samsung galaxy note 10.1 dapat dilihat dibawah ini.

Desain Bodi

Samsung Galaxy Note 10.1
Samsung Galaxy Note 10.1

Bentuk dan desain yang adopsi oleh Galaxy Note 10.1 2014 Edition, sedikit banyaknya dipengaruhi oleh garis-garis desain dari phablet premium Samsung yakni Samsung Galaxy Note 3. Mulai dari sentuhan desain, hingga penggunaan bahan plastik bertekstur kulit, tablet ini sekilas memang mirip seperti versi besar dari Galaxy Note 3. Selain layar berukuran 10.1-inci, bagian depan Note 10.1 2014 Edition dihiasi logo Samsung yang diposisikan sejajar dengan kamera depan dan sensor jarak. Sensor ini sendiri berfungsi pula sebagai sensor cahaya (proximity & ambient light sensor).

Sedangkan di bawah layar, terdapat tombol fisik home dan dua buah tombol kapasitifback dan menu. Sebelumnya Samsung sempat menghilangkan tombol fisik, tapi di beberapa produk terbaru, tombol fisik kembali hadir. Sayangnya penempatan tombol back ini cukup mengganggu saat Anda bermain game dalam mode portrait. Seringkali kami tidak sengaja menyentuhnya sehingga mengganggu keasyikan bermain. Melihat sisi kanan dari tablet yang lebih optimal digunakan secara lansekap atau horizontal ini, Anda akan menemukan pena stylus disudut atas. Anda juga akan mendapati lubang speaker dan slot microSD serta slot kartu SIM yang ditempatkan secara berdekatan.

Di sisi atas dari Galaxy Note 10.1 2014 Edition ini terdapat sebuah sensor infrared dibagian tengah, disusul oleh tombol pengatur volume dan juga tombol daya yang diletakan Samsung tepat di sudut kiri untuk memudahkan akses. Bagian sisi kiri dihiasi oleh lubang atau port jack audio/mikrofon 3.5mm dan satu lagi lubang speaker. Sedangkan pada bagian bawah, Anda hanya akan menemukan sebuah lubang atau port microUSB 2.0 dan bukan microUSB 3.0 seperti pada Note 3 untuk mengisi daya atau transfer data.

Meskipun tablet ini berukuran cukup besar dengan dimensi 243.1 x 171.4 x 7.9 mm, akan tetapi Samsung dengan cermat meletakan seluruh tombol dan port-port untuk memudahan akses. Terutama peletakan tombol daya disudut kiri atas yang sangat mudah dijangkau dengan jari telunjuk kiri saat dalam posisi lansekap, dan saat dalam posisi potrait tombol daya juga dapat dengan mudah diakses dengan telunjuk kanan.

Peletakan dua buah speaker stereo yang cukup kencang diposisikan di bagian atas sisi kanan dan kiri juga dirasa sangat tepat. Penempatan speaker ini menjadikan suara yang dihasilkan tidak akan tertutup oleh tangan ketika digunakan, baik dalam posisi lansekap maupun potrait. Satu kendala kecil yang ada pada desain tablet ini adalah peletakan port microUSB pengisi daya dan transfer data yang berada bagian bawah tablet. Peletakan port ini menjadikan tablet dengan bobot 540 gram ini kurang nyaman saat digunakan sembari mengisi daya, apalagi jika Anda terbiasa meletakan tablet dalam posisi berdiri menghadap Anda saat duduk.

Performa

Mengimbangi desain cantiknya, Samsung Galaxy Note 10.1 2014 Edition juga memiliki spesifikasi yang tak kalah hebat. Menggunakan prosesor Samsung Exynos 5420 Octa-core dan RAM 3GB, tablet ini mampu menghasilkan nilai yang cukup spektakuler saat kami uji dengan benchmark sintetis. Seperti biasa, kami menggunakan software benchmark sintetis Antutu, Quadrant Standard untuk pengujian performa prosesor dan RAM. Untuk Anda yang khawatir nilai benchmark Antutu tidak akurat, kali ini kami menggunakan Antutu X yang diklaim mampu menghasilkan nilai yang benar tanpa rekayasa.

Dari pengujian menggunakan Antutu X, Galaxy Note 10.1 2014 Edition mampu menghasilkan nilai yang mengesankan dengan 33.376 poin yang menempatkannya diatas LG G2. Untuk Quadrant Standard, nilai yang dihasilkan juga tak kalah mengesankan dengan 18.391 poin. Untuk pengujian kemampuan chip pengolah grafis ARM-Mali T628, kami menggunakan benchmark sintetis 3DMark dan Anomali 2. Pada pengujian dengan 3DMark Ice Storm Unlimited, tablet ini mendapatkan nilai sebesar 12.941, sementara pada pengujian Anomali 2 nilai yang didapat adalah 172.274 poin.

Untuk para penyuka game dengan grafis yang cukup berat, kami punya kabar baik untuk Anda. Samsung Galaxy Note 10.1 2014 Edition ini juga cukup handal untuk memainkan game sekelas Dead Trigger 2, Real Racing 3, dan juga Asphalt 8 tanpa kendala berarti. Dengan pengujian sintetis yang dibarengi dengan pengujian performa gaming serta kinerja keseluruhan saat digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti browsing, streaming YouTube dan social media, kami tidak menemukan kendala atau penurunan performa pada tablet ini. Secara keseluruhan, performanya tergolong baik dan lancar saat digunakan.

Fitur khas Samsung Galaxy Note

Sebagai salah satu bagian keluarga Samsung Galaxy Note, tablet ini sudah tentu dibekali pula dengan S-Pen. Tak hanya itu saja, Galaxy Note 10.1 2014 Edition juga dilengkapi dengan berbagai fitur khas yang sudah tidak asing lagi, seperti S Note, S Finder, Action Memo, Scrapbooker dan juga Screen Write. Fitur-fitur khas seri Note ini dapat diakses disudut kanan bawah layar begitu Anda mencabut S-Pen dari tempatnya, dibarengi dengan notifikasi yang menampilkan peringatan bahwa Anda sedang menggunakan S-Pen. Anda juga dapat mengaksesnya dengan menekan tombol command yang terdapat pada S-Pen.

Fitur S Note dan Action Memo akan sangat berguna bagi Anda yang gemar mencatat atau menuliskan sesuatu saat sedang teringat suatu hal penting. Atau saat Anda sedang mengikuti sebuah seminar dan ingin mencatat hal-hal penting yang dijelaskan oleh narasumber. Bagi Anda yang gemar membuat scrapbook, Galaxy Note 10.1 2014 Edition juga dilengkapi dengan fitur Scrapbooker. Kini Anda dapat membuat scrapbook langsung dari tablet ini, fitur Scrapbooker dapat Anda manfaatkan sebagai aplikasi pendukung hobi Anda.

Untuk meningkatkan produktivitas penggunanya, Samsung menyertakan S Finder dan Screen Write pada Galaxy Note 10.1 2014 Edition. S Finder dapat Anda fungsikan untuk mencari file atau data yang tersimpan dalam tablet atau langsung mencari informasi langsung di Internet. Screen Write akan sangat berguna jika Anda menemukan informasi penting di Internet dan ingin berbagi informasi tersebut dengan teman atau kolega, atau bisa juga Anda manfaatkan sebagai media penunjang aktivitas kantor. Sebagai sebuah produk yang dilengkapi dengan stylus, S Pen Galaxy Note 10.1 2014 Edition ini juga dapat digunakan untuk mengetik pesan atau email. Akurasi dari software pengenalan tulisan tangan ini cukup baik, termasuk penggunaan tanda baca.

Kamera

Meski hanya dibekali kamera utama dengan resolusi 8 megapixel, tapi foto hasil jepretan kamera tablet ini sama sekali tidak buruk. Saat digunakan, kamera tablet ini dirasa cukup cepat dan akurat, termasuk saat menemukan fokus. Hasil foto di luar ruangan dengan cahaya yang cukup, dapat menghasilkan foto yang cukup tajam. Sayangnya hasil foto di dalam ruangan atau tempat-tempat dengan cahaya temaram kurang baik.

Antarmuka & baterai

Secara sepintas, skin TouchWiz yang digunakan diatas sistem operasi Android 4.3 Jellybean pada Galaxy Note 10.1 2014 Edition ini terlihat sama dengan jajaran gadget Samsung lainnya termasuk Note 3 dan Galaxy S4, termasuk pula fitur-fitur pintar seperti Motion Control, Palm Motion dan Smart Stay. Secara visual, warna-warna tampilan khas TouchWiz dapat terlihat sempurna pada tablet dengan layar 10.1-inci ini. Warna yang dihasilkan oleh layar dengan resolusi 2560×1600 pixel ini juga terlihat sangat tajam dan jernih. Dengan tingkat kerapatan pixel yang mencapai 299 pixel per inci (ppi), menjadikan layar tablet bertipe TFT-Super Clear LCD ini tetap terlihat jernih dan tajam didalam maupun diluar ruangan. Sayangnya Anda harus menaikan tingkat kecerahan hingga diatas 80% agar dapat membaca teks jika menggunakan tablet ini tepat dibawah sinar matahari.

Urusan daya tahan baterai, tablet yang dibekali dengan baterai berkapasitas 8.220mAh ini patut mendapat acungan jempol. Selama pengujian, penggunaan secara intensif browsing, sosial media, streaming video YouTube dan bermain game, tablet ini dapat bertahan hingga 10 jam dengan terkoneksi jaringan WiFi. Untuk pengujian yang sama, mengandalkan jaringan data operator tablet ini mampu bertahan hingga 8 jam. Daya tahan baterai tablet ini saat digunakan bermain game Dead Trigger 2 selama kurang lebih 45-50 menit non-stop, dari posisi kapasitas 100% hanya berkurang 22% menjadi 78% diakhir sesi bermain game. Sedikit catatan pada saat digunakan untuk bermain game, bagian belakang tablet ini terasa cukup hangat terutama di sekitar area kamera.

Kesimpulan

Kemampuan yang ditunjukan oleh tablet yang dibandrol dengan harga yang cukup premium ini cukup mengesankan. Penggunaan RAM sebesar 3GB dirasa lebih dari cukup untuk menjamin pengoperasian tablet yang mulus, serta chip pengolah grafis yang cukup untuk menjalankan game berat dengan mulus dan lancar. Sebagai sebuah tablet yang menjadi unggulan, Galaxy Note 10.1 2014 Edition mampu menjawab semua ekspektasi para penggemar Samsung.

Setelah diuji secara menyeluruh, kami pun cukup terkesan akan performa keseluruhan yang dihasilkan oleh tablet ini terutama kualitas speaker, layar dan daya tahan baterainya. Bagi Anda yang menginginkan sebuah gadget pendukung aktivitas yang memiliki kinerja yang kencang, fitur melimpah dan kemampuan multimedia memadai yang dibarengi dengan daya tahan baterai yang baik, maka Samsung Galaxy Note 10.1 2014 Edition layak menjadi pilihan utama diantara jajaran tablet dengan ukuran 10.1-inci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *