Review Lenovo Yoga Tablet 8

Demam tablet Android terus meninggi di seluruh dunia. Sayangnya, hampir semua tablet memiliki desain yang mirip satu sama lainnya. Dengan Yoga Tablet, Lenovo rupanya ingin membuktikan bahwa mereka masih bisa berinovasi dari sisi desain. Berikut ini adalah review Lenovo yoga tablet 8.

Desain unik & fungsional

tablet lenovo

Menggandeng artis kenamaan Hollywood, Ashton Kutcher, Lenovo menghadirkan tablet Android dengan desain yang unik. Satu elemen desain yang langsung terlihat berbeda adalah baterainya yang berbentuk silinder. Bagian silinder ini sendiri dirancang agar pengguna dapat menggenggamnya dengan lebih nyaman. Selain itu, Lenovo juga menanamkan penyangga putar di sisi belakang. Dengan mekanisme ini, Anda dapat menggunakan Yoga Tablet dalam beberapa mode pemakaian atau istilah resminya, Multimode. Pada mode Tilt, tablet ini akan dapat diletakkan di meja dengan kemiringan yang pas sehingga lebih nyaman saat digunakan mengetik. Masuk ke mode Stand, Anda akan dapat menonton video atau membaca buku dengan lebih nyaman tanpa harus memeganginya. Kemudian ada mode Hold yang memanfaatkan bagian silinder yang membuatnya lebih nyaman saat Anda browsing atau membaca buku digital.

Dari pengalaman kami, adanya pilihan mode penggunaan ini amat berguna dan cukup optimal untuk berbagai skenario penggunaan. Selot kartu SIM (bisa digunakan untuk menelpon pada versi 8 inci) dan kartu memori dengan pintar diposisikan di bagian belakang, tersembunyi dengan rapi saat penyangga dalam kondisi tertutup. Dengan begitu, tidak ada tutup karet atau rongga lain yang ada di bagian samping Yoga Tablet kecuali konektor micro USB. Satu catatan; mengingat penyangga Yoga Tablet terbuat dari besi, Anda harus ekstra hati-hati saat menggunakanya dalam kondisi penyangga terbuka. Jika terkena orang lain, akan cukup terasa sakit.

Layar standar

Selain memiliki respons yang baik, kualitas tampilan layar Yoga Tablet 8 sendiri juga cukup baik. Saat mencobanya untuk browsing dan mengakses Path, gambar dan teks ternyata dapat ditampilkan dengan jelas dan cukup tajam. Saat dilihat dari samping, kualitas tampilan di layar cukup baik. Hal yang sama juga dirasakan saat memutar video HD. Dengan menaikkan tingkat kecerahan layarnya, video akan dapat ditampilkan dengan optimal. Sayangnya spesifikasi layar yang sama juga diberikan ke Yoga Tablet 10 yang layarnya lebih besar. Untuk Yoga Tablet 10 inci, tampilan di layar terlihat kurang tajam akibat tingkat kerapatan pixel yang standar.

Performa cukup memadai

Soal kinerja, hasil yang diraih Yoga Tablet termasuk baik. Walaupun raihan benchmark Antutu hanya ada di kisaran 13 ribuan dan termasuk rata-rata, performa yang diberikan oleh prosesor quad-core MTK dan RAM 1GB lebih dari memadai untuk menjalankan berbagai aplikasi. Tidak ada lag saat menavigasi menu dan beralih aplikasi. Sayangnya saat menjalankan game 3D yang cukup berat, agak terasa lag yang cukup mengganggu.

Kualitas suara speaker internalnya juga amat baik, terutama dalam mode Stand. Tidak mengherankan mengingat Yoga Tablet telah dibekali teknologi Dolby Digital Plus. Anda dapat mengatur suara dengan opsi yang cukup ekstensif. Efek pengaturan ini juga langsung dapat dirasakan baik di speaker internal maupun menggunakan earphone atau headphone.

Baterai fenomenal

Lenovo mengklaim bahwa Yoga Tablet akan dapat digunakan hingga 18 jam. Klaim ini didukung oleh fakta bahwa Lenovo telah membekali Yoga tablet dengan kapasitas baterai yang besar, 600mAh untuk versi 8 inci dan 9000mAh untuk versi 10 inci. Walaupun perbedaan pola penggunaan akan memberikan hasil yang bervariasi, hasil pengujian kami menunjukkan bahwa setelah dipakai cukup intensif dalam kondisi terhubung ke Internet selama sekitar 8 jam, baterai Yoga Tablet masih berada di angka 40%.

Kombinasi desain unik yang fungsional dan daya tahan baterai yang fenomenal menjadikan Yoga Tablet sebagai tablet yang menarik dan patut dicermati. Walau performanya kadang tersendat untuk memainkan game yang berat, Lenovo Yoga Tablet akan cocok bagi Anda yang mengidamkan tablet dengan daya tahan baterai ekstra panjang namun terjangkau atau mereka yang sudah bosan dengan desain tablet yang monoton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *