Kelebihan Samsung Galaxy S5

Setelah berbulan-bulan diselimuti misteri, akhirnya Samsung secara resmi memperkenalkan Galaxy S5 di ajang MWC 2014 di Barcelona. Salah satu perubahan di sisi desain adalah penggunaan case dari logam. Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Samsung galaxy s5 adalah sebagai berikut.

Desain elegan dengan motif baru

galaxy s5

Dari sisi desain, Samsung Galaxy S5 terlihat lebih elegan ketimbang Galaxy S4. Walaupun sekilas cukup mirip, Samsung Galaxy S5 memiliki dimensi yang sedikit lebih lebar, berbeda dengan konsep S III dan S4. Layarnya juga sedikit lebih besar, yaitu 5,1 inci dengan teknologi Super AMOLED dan resolusi Full HD. Satu kelebihan lainnya terletak pada sertifikasi IP67 yang menjadikannya tahan terhadap air dan debu. Ini sejalan dengan berbagai fitur kesehatan yang ditawarkan Galaxy S5. Pada bagian belakang terlihat perubahan desain penutup baterai yang digunakan. Samsung tak lagi menggunakan desain faux leather seperti pada Galaxy Note 3 atau desain polos Galaxy S4. Sebagai gantinya, Samsung mengadopsi desain berpola dengan ilusi lubang-lubang kecil seperti pori-pori. Pilihan warnanya juga termasuk menyegarkan, seperti charcoal Black, shimmery White, electric Blue dan copper Gold.

Prosesor lebih kencang

Tak seperti yang ramai diperbincangkan, Samsung Galaxy S5 tidak datang dengan prosesor Snapdragon 805 melainkan masih mengandalkan prosesor Snapdragon 800 yang berpasangan dengan RAM sebesar 2GB. Kombinasi prosesor dan RAM yang demikian sebenarnya sudah biasa ditemui pada jajaran smartphone kelas atas dari produsen lain. Namun yang menjadikan Galaxy S5 sedikit lebih kencang adalah frekuensi operasi dari prosesor Snapdragon 800 yang mencapai 2,5GHz, lebih cepat dibandingkan rata-rata smartphone lain yang menggunakan prosesor yang sama dengan kecepatan 2,3 GHz. Spesifikasi pendukung lainnya juga tak kalah hebatnya, seperti penggunaan selot microSD yang mampu membaca kartu memori hingga kapasitas 128GB, 2x lipat melebihi smartphone lain yang hanya mampu membaca kartu memori berkapasitas maksimum 64GB.

Kamera lebih cepat

Untuk kamera, Samsung Galaxy S5 kini memiliki kamera 16 megapixel dengan kemampuan menangkap fokus dalam waktu 0,3 detik. Kecepatan fokus ini diklaim 3x lebih cepat dibandingkan Samsung Galaxy S4. Selain itu Samsung juga membekali Galaxy S5 dengan fitur Advance HDR yang dapat menampilkan gambar dengan efek HDR langsung pada layar smartphone bahkan sebelum Anda mengambil gambar. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang hasil foto dengan efek HDR nantinya. Sebagai tambahan, Samsung Galaxy S5 dilengkapi pula dengan fitur Selective Focus yang memungkinkan pengguna untuk memilih area fokus secara spesifik dan kemudian menerapkan efek blur atau “Bokeh” pada area yang tidak dipilih. Yang menarik, pemilihan ini dapat dilakukan setelah gambar diambil.

Dua fitur baru

Salah satu faktor penting untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli smartphone adalah fitur yang disertakan. Untungnya pada Galaxy S5 ini Samsung memberikan 2 fitur atau teknologi baru yang diimplementasikan perdana pada Galaxy S5, yakni pemindai sidik jari dan pendeteksi detak jantung. Pemindai sidik jari pada Samsung Galaxy S5 terletak di sisi bawah layar, tepatnya pada tombol Home yang dapat diaktifkan dengan gerakan mengusap ke bawah atau ke atas. Sementara untuk sensor pendeteksi detak jantung diletakkan bersebelahan dengan modul lampu kilat LED yang ada di bawah kamera utama.Fungsi dari pemindai sidik jari ini tak sekedar untuk membuka atau mengunci smartphone, tapi juga dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran belanja online. Penggunaan sensor pendeteksi detak jantung juga cukup mudah. Anda tinggal mengaktifkan fitur sensor tersebut lalu menempelkan jari telunjuk pada sensor, maka Samsung Galaxy S5 akan membaca detak jantung Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *