Apple Hadirkan iPhone 5s & iPhone 5c

Seperti tahun lalu, bulan September memang sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar Apple iPhone. Pasalnya, di bulan inilah Apple biasanya mengumumkan generasi iPhone terbaru sekaligus memberi kejutan kepada para pecinta gadget. Dan tahun ini, Apple memberikan kejutan yang belum pernah dilakukan sebelumnya yaitu mengumumkan dua iPhone baru, iPhone 5s dan iPhone 5c. Sama seperti iPhone 4 ke 4s, peningkatan yang diberikan iPhone 5S tidak begitu signifikan, setidaknya dari sisi fisik. Dari segi kemasannya, iPhone 5s masih sama persis dengan iPhone 5. Yang membuatnya berbeda, iPhone 5s kini hadir dalam 3 warna pilihan yang lebih istimewa dan meninggalkan warna putih yang menjadi warna tren pada gadget hingga saat ini.

Ketiga warna yang ditawarkan yaitu Gold (emas), Space Gray (abu-abu) dan hitam. Namun di bagian dalam, ada beberapa peningkatan yang cukup menjanjikan. Mari kita mulai mengintip jeroan yang ada di dalam iPhone 5S. iPhone 5S kini hadir dengan prosesor baru yaitu Apple A7 menggantikan Apple A6 yang digunakan oleh iPhone 5. Prosesornya ini tergolong istimewa. Walaupun hanya menggunakan dua inti (dual core), tapi Apple A7 telah dirancang menggunakan arsitektur 64-bit. Ini menjadikannya sebagai ponsel pertama yang telah dilengkapi prosesor ARM 64-bit di dunia. Dengan prosesor A7 yang baru ini, Apple mengklaim kinerja iPhone 5s akan dua kali lipat lebih cepat dari segi performa maupun kinerja grafis dibandingkan prosesor A6 iPhone 5.

Dan dengan dukungan OpenGL ES versi 3.0, iPhone 5s juga mampu menyajikan visual grafis yang lebih kaya dengan efek visual yang lebih kompleks yang sebelumnya hanya bisa dinikmati di perangkat Mac, PC atau konsol game. Selain peningkatan pada sektor prosesor, iPhone 5s kini juga telah dilengkapi dengan M7 motion coprocessor. Prosesor tambahan ini berguna untuk mengumpulkan data dari akselerometer, gyroscope dan kompas untuk meringankan beban kinerja prosesor A7 sehingga konsumsi dayanya lebih efisien. Prosesor gerak M7 ini akan secara terus menerus mengukur data pergerakan pengguna, bahkan dalam kondisi iPhone tertidur. Dengan adanya M7, konsumsi daya yang dibutuhkan fungsi pedometer dan aplikasi fitness lainnya yang membutuhkan akselerometer dapat ditekan. Apple juga membebaskan pengembang untuk mengakses CoreMotion API agar pengembang dapat membuat aplikasi yang memanfaatkan M7.

apple iphone

Selanjutnya kita akan membahas fitur baru apa saja yang ada di iPhone 5s.Yang pertama ada Touch ID. Touch ID adalah sensor pembaca sidik jari yang inovatif dan dirancang untuk mempermudah pengguna mengamankan iPhone hanya lewat sentuhan jari. Touch ID ini hadir menyatu di bagian tombol “home” iPhone 5s dan menggunakan bahan kristal safir yang dipadukan dengan sensor sentuh kapasitif untuk membaca dan menganalisa sidik jari pengguna secara lebih akurat dari berbagai sudut. Sensor Touch ID akan mengenali sentuhan jari, jadi sensornya hanya akan aktif jika dibutuhkan untuk menghemat baterai. Seluruh informasi sidik jari dari pengguna juga akan tersimpan secara aman di ruang khusus di dalam chip prosesor. Selain itu Touch ID ini juga berfungsi sebagai salah satu pengaman untuk transaksi pembelian melalui iTunes, App Store atau iBooks Store.

Bagi yang gemar memotret, Apple tidak lupa terus memperbaiki kinerja kamera dari iPhone untuk hasil foto dan rekam video yang lebih baik. Kamera iPhone 5s menggunakan lensa dengan diafragma f/2.2 dengan resolusi 8 megapixel seperti pada iPhone 5. Perbedaannya, sensor kameranya kini lebih besar 15 persen lebih besar dibandingkan sensor di iPhone 5, sehingga hasil foto diklaim lebih baik. Selain itu, juga terdapat fitur digital image stabilization yang membantu mengurangi efek guncangan penyebab foto yang kurang tajam. Dengan menggunakan ukuran sensor yang lebih besar iPhone 5s tentu kini akan semakin baik di kondisi minim cahaya. Di samping itu, Anda juga bisa menemukan sederetan fitur fotografi tambahan yang lebih variatif.

Seperti misalnya kemampuan rekam video pada kecepatan 120fps untuk rekam video slow motion, kemampuan memotret tanpa henti 10 frame per detik, metering dengan sistem autofokus matrix yang memungkinkan kamera untuk menghasilkan foto yang paling tajam, serta pengaturan eksposur otomatis pada mode panorama. Namun fitur yang paling menarik adalah flash terbaru yang diberi nama True Tone untuk hasil foto dengan tonal warna yang lebih akurat dan seimbang ketika memotret menggunakan flash. Rahasianya terletak pada kombinasi dua LED beda warna (amber dan putih) serta algoritme dari 1000 kombinasi temperatur warna untuk memberi hasil foto dengan flash yang lebih baik dibandingkan pesaingnya. Fitur ini juga berfungsi saat merekam video.

Sama seperti pendahulunya, iPhone 5s dapat merekam video Full HD 1080p. Namun ada beberapa peningkatan di 5s. Yang pertama adalah kemampuan merekam video 720p slow-motion 120 fps. Berikutnya adalah kemampuan zoom saat merekam video dengan melakukan cubitan di layar. Dan yang terakhir adalah sistem operasi. Apple iPhone 5s hadir dengan iOS 7 yang mendukung arsitektur 64-bit. iOS 7 ini hadir dengan antar muka yang lebih segar dengan sederetan fitur baru seperti Control center, Notification Center, Multitasking yang lebih baik, AirDrop, Siri, Internet Radio, dan sebagainya.

Menemani iPhone 5s, Apple juga membuktikan rumor yang beredar di dunia maya belakangan ini dengan merilis versi iPhone terjangkau yang diberi nama iPhone 5c. Versi “murah” dari iPhone ini memang sama persis seperti yang telah dirumorkan yaitu dengan bodi terbuat dari plastik. iPhone 5c hadir dengan spesifikasi yang sama persis dengan iPhone 5 yaitu menggunakan prosesor Apple A6, kamera 8 megapixel dan layar retina display. Perbedaan utamanya terletak pada tampilan fisik yang kini menggunakan bodi plastik dan ragam pilihan warna bodi yang kini lebih banyak. Adapun pilihan warnanya cukup menyegarkan seperti putih, hijau, kuning, biru, dan pink. Anda dapat mengombinasikannya dengan case khusus yang dijual seharga US$29.

Sentuhan peningkatan lainnya terlihat pada sektor kamera Face Time HD (kamera depan) yang kini diklaim lebih baik saat melakukan panggilan video dan mengambil foto diri. Dengan hadirnya iPhone 5C, iPhone juga secara resmi menghilangkan iPhone 5. Jadi saat ini Apple hanya akan menyediakan iPhone 4s, iPhone 5C dan iPhone 5s di Apple Store. iPhone 5s rencananya akan mulai dipasarkan di Amerika, Australia, Kanada, Cina, Perancis, German, Hongkong, Jepang, Puerto Rico, Singapura dan Inggris pada tanggal 20 September 2013. Harganya sendiri akan dipatok mulai US$649 (16GB), US$749 (32GB), dan US$849 (64GB). Sedangkan iPhone 5c bisa didapatkan dengan harga mulai dari US$549 untuk kapasitas 16GB dan US$649 untuk kapasitas 32GB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *