Pertolongan Pertama Pada Smartphone Basah

Rasa panik bukan main pasti melanda bila smartphone Anda mengalami kecelakaan, terutama kecelakaan yang berhubungan dengan air. Entah itu tercebur ke dalam air atau tersiram air. Cara yang paling sering dikatakan oleh orang-orang ketika smartphone terkena air adalah dikeringkan dengan hairdryer. Itu bukanlah cara yang tepat. Berikut adalah pertolongan pertama pada smartphone basah :

Ambil smartphone Anda

Bila smartphone Anda berada di dalam kolam atau ember penuh air, angkat dengan segera. Bila tersiram air, jauhkan dari air dan tempat yang basah. Semakin lama berada dalam air, semakin besar kerusakan yang bisa dialami oleh smarthphone Anda.

Lepas baterai smartphone Anda

lepas baterai

Setelah diangkat, segera lepaskan baterai smartphone Anda. Tidak usah mematikannya, langsung lepas saja baterainya. Bila smartphone Anda adalah iPhone, yang tidak bisa dilepas baterainya, segera matikan. Hal ini harus dilakukan agar tidak terjadi korslet.

Keringkan dengan kain

Jangan keringkan smartphone Anda dengan hairdryer. Angin dari hairdryer dapat mendorong air masuk lebih dalam ke smartphone Anda. Selain itu, angin dari hairdryer juga dapat melelehkan komponen smartphone Anda walaupun dalam mode cold. Ambil kain bersih dan lap smartphone Anda. Hal ini berguna untuk menyerap air yang ada di smarthphone Anda. Usahakan untuk tidak terlalu menggoyangkan smartphone ketika mengelap, karena dapat mendorong air masuk lebih dalam.

Taruh smartphone dalam kotak bersama dessicant

Bagi yang tidak tahu desiccant, ini adalah silica gel yang digunakan untuk mengurangi kelembaban. Bila Anda memiliki desiccant yang tidak terpakai, kumpulkan dalam kotak kedap udara. Bisa jadi Anda perlu menggunakannya untuk keadaan darurat sperti sekarang. Taruh smartphone Anda ke dalam kotak kedap udara bersama desiccant dalam jumlah yang banyak. Diamkan selama 24 – 48 jam. Desiccant ini akan bekerja menyerap air dari dalam smartphone Anda. Setelah 24-48 jam, cek smartphone Anda dengan cara menyalakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *